sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Cara Mengatasi Mual selama Kehamilan, Coba Jalan Kaki Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Minggu, 18 Sep 2022 18:20 WIB
Sick asian woman vomiting into basin in toilet,Nausea,Indigestible 7 Cara Mengatasi Mual selama Kehamilan, Coba Jalan Kaki Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Piyapong Thongcharoen
Jakarta -

Cara mengatasi mual selama kehamilan tidak selalu mengandalkan obat saja ya, Bunda. Pengobatan alami dan rumahan juga bisa lho dijadikan alternatif mengatasi mual.

Mual selama kehamilan merupakan hal biasa dan normal ya, Bunda. Hampir sebagian besar ibu hamil mengalai permasalahan ini dan akan hilang dengan sendirinya. Tetapi, tak sedikit pula yang mengalami mual sepanjang kehamilannya.

"Hingga 70 persen ibu hamil mengalami mual di beberapa titik selama awal kehamilan. Tidak hanya diketahui sebagai salah satu tanda awal kehamilan, tetapi juga merupakan gejala yang umum selama trimester pertama dan terkadang bahkan lebih lama," kata Dr Kiran Coelho, consultant gynaecology & obstetrics di Hinduja Healthcare Surgical, seperti dikutip dari laman Hindustantimes.


Cara mengatasi mual selama kehamilan

Pada banyak wanita, bau atau rasa tertentu dapat memicu mual. Dan, semakin parah kehadirannya saat perut kosong. Karena itu, penanganan dini untuk mengatasi mual saat hamil penting diketahui agar ibu hamil lebih nyaman selama kehamilannya.

"Kami menyarankan ibu hamil untuk makan sesuatu yang ringan setiap satu atau dua jam sekali," kata Dr Vandana Gawdi, consultant, gynaecology di Apollo Hospitals, Mumbai.

Selain itu, Bunda juga dapat mencoba pengobatan rumahan seperti mengunyah mint dan jahe. Bahkan, Bunda dapat mengeringkan jahe dengan sedikit garam dan mengunyahnya setiap beberapa jam. Atau, cobalah untuk mencoba madu, cengkeh, atau kapulaga untuk alternatif lainnya. 

Cara mengatasi mual selama kehamilan juga dapat dilakukan dengan menghindari pemicunya ya, Bunda. Jika Bunda mengetahui bahwa bau dan rasa tertentu memicu mual, sebaiknya dihindari ya, Bunda. 

Melansir Medicoverhospitals, ada beberapa bahan alami yang bisa Bunda coba untuk mengatasi mual saat hamil. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Lemon

Jus lemon merupakan obat yang sangat baik untuk mengatasi muntah selama kehamilan. Bau kulit lemon segar dapat meredakan gejala mual dan muntah. Peraslah lemon segar ke dalam segelas air dengan campuran sedikit madu. Minum di pagi hari untuk mencegah mual yang kerap muncul.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang perbedaan mual maag dan hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGATASI MUAL SELAMA KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!