sign up SIGN UP search


kehamilan

Membaca Surat Yusuf saat Hamil, Benarkah Bisa Melahirkan Bayi Laki-laki Tampan?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 21 Sep 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Muslim Membaca Surat Yusuf saat Hamil, Benarkah Bisa Melahirkan Bayi Laki-laki Tampan?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Membaca Al-Qur'an saat hamil sangat dianjurkan dalam agama Islam. Salah satu yang paling banyak diajurkan adalah membaca Surat Yusuf, Bunda.

Surat Yusuf adalah Surat ke-12 dalam Al-Qur'an. Surat ini terdiri dari 111 ayat dan termasuk golongan Surat Makkiyah, yakni Surat yang diturunkan di Mekkah sebelum Nabi hijrah.

Dilansir buku Doa & Dzikir untuk Ibu Hamil karya Ust. K. Akbar Saman, dinamakan Surat Yusuf karena isinya menggambarkan riwayat Nabi Yusuf. Nah, riwayat dalam surat ini adalah salah satu di antara cerita-cerita ghaib yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat.


Banner Gawat Janin

Dalam riwayat Al-Baihaqi di kitab Ad-Dalail dijelaskan bahwa segolongan orang Yahudi masuk agama Islam sesudah mendengar cerita Nabi Yusuf ini, Bunda. Dari cerita tersebut, Nabi Muhammad mengambil pelajaran berharga.

"Dari cerita itu, Nabi Muhammad mendapatkan banyak pelajaran dan sebagai penghibur beliau ketika menjalankan tugasnya," kata Ust. K. Akbar Saman.

Surat Yusuf untuk ibu hamil

Ibu hamil atau bumil seringkali disarankan untuk membaca Surat Yusuf. Banyak yang berpendapat bahwa membaca surat ini saat hamil bisa dikaruniai anak laki-laki yang tampan seperti Nabi Yusuf.

Nabi Yusuf terkenal karena ketampanannya dan kesempurnaan fisiknya. Ketampanannya disebut sampai menyihir semua wanita yang melihatnya sampai tidak sadar mengiris-iris tangannya saat memotong buah-buahan, Bunda.

Nabi Yusuf memang telah diberi separuh ketampanan manusia yang ada di dunia. Hal ini telah ditegaskan di dalam hadis Isra' yang sahih.

"Ternyata dia diberi separuh ketampanan." Hamad bin Salamah meriwayatkan dari Tsabit, dari Anas dari Rasulullah, "Yusuf dan ibunya diberi separuh dari ketampanan."

Meski Nabi Yusuf dikenal karena ketampanannya, membaca Surat Yusuf tidak serta-merta bisa membuat anak di kandungan tampan. Sebab, dalam Surat Yusuf sendiri tidak ada doa khusus yang memiliki arti soal ketampanan.

Lalu apa manfaat membaca Surat Yusuf saat hamil?

Ibu hamil muslimIlustrasi Ibu hamil/ Foto: iStock

Manfaat membaca Surat Yusuf saat hamil

Alih-alih berharap anak menjadi tampan secara fisik, Bunda bisa membaca Surat Yusuf agar Si Kecil lahir tampan secara non fisik. Nabi Yusuf tak hanya tampan jasadnya, tapi juga sikap dan perbuatannya.

"Nabi Yusuf AS merupakan nabi yang patuh terhadap orang tua, sabar, jujur, istiqomah dalam kebenaran, dan seorang raja yang sangat mementingkan kepentingan rakyat. Karena sifatnya yang sangat terpuji itulah, Allah SWT mengabadikan kisahnya dalam Al-Qur'an," ujar Ust. K. Akbar Saman.

Bumil yang membaca surat ini diharapkan akan mendapatkan berkah. Salah satunya adalah kelak anak yang dikandung mewarisi sifat-sifat Nabi Yusuf hingga kesempurnaan fisiknya.

Hal yang sama juga diungkapkan Rizem Aizid dalam Buku Lengkap Fiqih Kehamilan & Melahirkan. Menurutnya, tampan yang dimaksud dari membaca Surat Yusuf bukanlah secara fisik, melainkan secara non fisik alias rohani.

"Ia akan menjadi orang yang saleh, memiliki ketakwaan tinggi, kuat imannya, sabar, dan ikhlas. Inilah inti dari membaca Surat Yusuf selama hamil," ungkap Rizem Aizid.

Sifat Nabi Yusuf yang sabar

Nabi Yusuf merupakan Nabi yang memiliki sifat sabar dan ketabahan yang tinggi. Tentunya dengan membaca Surat Yusuf saat hamil, kita bisa berharap anak yang dilahirkan juga memiliki sifar sabar ini ya, Bunda.

Nah, kesabaran dan ketabahan Nabi Yusuf ini diperoleh dari pengalaman dan ujian yang diterimanya dari Allah SWT. Saat masih kecil, Nabi Yusuf dipisahkan dari orang tuanya, kemudian dibuang ke sumur dan diperdagangkan sebagai budak.

Allah SWT juga pernah menguji keimanannya dengan godaan wanita cantik dan bangsawan, sampai akhirnya dia berakhir di penjara. Semua cobaan itu dilalui Nabi Yusuf dengan sabar dan tabah.

"Ketabahan dan kesabaran yang dimiliki Nabi Yusuf itulah yang seharusnya menjadi tujuan dari membaca Surat Yusuf saat hamil," kata Rizem Aizid.

Anjuran membaca Surat Yusuf saat hamil

Ilustrasi MuslimIlustrasi Muslim/ Foto: Getty Images/iStockphoto/

Surat Yusuf menjadi salah satu surat yang dianjurkan dibaca saat hamil, Bunda. Selain mendapatkan pahala yang besar, membaca surat ini juga diyakini akan memberikan manfaat bagi janin, yakni mewarisi sifat-sifat Nabi Yusuf.

Namun, sebenarnya tidak ada dalil yang menganjurkan Bunda untuk membaca surat ini saat hamil. Tapi, tidak ada pula dalil yang melarangnya. Jadi, Bunda tetap diperbolehkan membaca surat ini saat hamil ya.

"Allah SWT dan Rasul-Nya pun tidak pernah memerintahkannya, baik secara tersurat maupun tersirat. Begitu pula para sahabat juga tidak pernah mencontohkan demikian," tulis Ana Syafaratin di buku berjudul Agar Momonganmu Cantik dan Tampan: Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam Bagi Ibu Hamil.

Pokok isi Surat Yusuf yakni tentang keimanan, termasuk kesalehan, hukum-hukum, kisah riwayat Nabi Yusuf, dan sifat-sifat yang menjadi suri tauladan.

Setidaknya, ada tiga hal yang perlu Bunda perhatikan saat membaca Surat Yusuf saat hamil, yakni:

1. Membaca di malam hari

Surat Yusuf dianjurkan untuk dibaca di malam hari setelah sholat Tahajud, Bunda. Di waktu ini, Bunda dapat mencurahkan segala isi hati untuk meraih kebahagiaan yang hakiki.

Allah SWT juga membuat malam hari sebagai waktu yang istimewa karena di saat ini malaikat menaburkan rezeki turun ke Bumi. Bumil dapat membaca Surat Yusuf ini di waktu malam dengan istiqamah agar keinginan untuk buah hati terwujud.

2. Menyakininya sebagai wasilah

Tak kalah penting adalah Bunda perlu meyakini bahwa Surat Yusuf yang dibaca dapat menjadi wasilah, yakni perantara dikabulkannya doa oleh Allah SWT. Wasilah dapat menjadi jalan bagi kita untuk masuk ke suatu tempat.

"Dengan begitu, membaca Surat Yusuf berarti berdoa kepada Allah SWT dengan perantara/wasilah Nabi Yusuf," ujar Ana.

3. Tawakal

Jangan lupa untuk selalu tawakal saat melantunkan bacaan Surat Yusuf, Bunda. Sikap ini akan memperlihatkan ketidakmampuan kita dan bagaimana kita menggantungkan semuanya pada Allah SWT.

Hal tentang tawakal ini dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Ali Imran ayat 159 (3), yakni:

"Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya." (QS Ali Imran [3]: 159).

Anjuran membaca doa saat hamil

Ibu Hamil MuslimIbu Hamil Muslim/ Foto: Getty Images/ibnjaafar

Selama masa kehamilan, Bunda disarankan untuk memperbanyak amalan baik. Salah satunya dengan membaca doa. Dari sekian banyak doa untuk bumil, ada beberapa yang berpijak dari pengalaman maupun keyakinan yang bersumber dari Al-Qur'an dan hadis.

Bunda bisa mulai berdoa sejak awal kehamilan. Bacaan doa bisa dirutinkan saat memasuki usia kehamilan empat bulan.

"Perbanyaklah membaca doa semasa hamil, terutama ketika usia kandungan mencapai empat bulan, sebelum ruh ditiupkan ke dalam jasad janin. Biasakanlah memperbanyak membaca doa pada pagi dan sore hari, karena waktu-waktu tersebut mengandung manfaat dan berkah yang sangat besar," kata Hendri Kusuma Wahyudi dalam buku Doa pada Masa Kehamilan.

Fase kehamilan empat bulan berlangsung setelah 12 hari. Periode pemberian ruh terjadi pada saat itu, Bunda. Allah SWT berfirman:

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ مِنْ سُلَالَةٍ مِنْ طِينٍ (12) ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (13) ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنْشَأْنَاهُ خَلْقًا آَخَرَ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ

Artinya: Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S Al-Mukminun [23] :12-14).

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 makanan penyubur kandungan dalam Islam, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!