sign up SIGN UP search

kehamilan

Ketahui Manfaat dan Risiko Omeprazole untuk Ibu Hamil yang Alami Maag

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 19:51 WIB
Pregnant woman show sign of discomfort, stomachache, labour pain caption
Jakarta -

Omeprazole untuk ibu hamil itu aman enggak ya? Ibu hamil (bumil) yang sedang mengalami maag maupun gangguan pencernaan bisa dibuat galau, minum atau tidak ya obat ini? Satu-satunya cara tentu langsung berkonsultasi ke dokter atau bidan untuk meyakinkan diri.

Minum obat saat hamil itu tentu bukan tanpa risiko. Apalagi apa yang bumil minum dapat ditransfer ke bayi melalui plasenta. Kekhawatiran yang terbesar itu janin yang di dalam kandungan terkena dampak dari kandungan obat yang bumil minum.

Omeprazole untuk ibu hamil 

Omeprazole merupakan obat yang disebut penghambat pompa proton (PPI). Dalam laman drugs, omeprazole dalam kategori kehamilan Food and Drug Administration (FDA) belum ditetapkan.


Sedangkan untuk kategori kehamilan Therapeutic Goods Administration (TGA) masuk dalam B3.  Maksudnya, sejumlah ibu hamil dan wanita subur meminum obat ini tanpa meningkatnya frekuensi malformasi atau efek berbahaya langsung atau tidak langsung pada janin manusia.

Studi pada hewan menunjukkan bukti terjadinya peningkatan kerusakan janin, namun dianggap tidak pasti pada manusia.

Selain itu, menurut studi epidemiologis, penggunaan obat Omeprazole pada bumil tidak berisiko malformasi. Bahkan beberapa ahli merekomendasikan penggunaan obat ini dapat diterima.

Manfaat Omeprazole untuk ibu hamil

Omeprazole digunakan untuk mengurangi jumlah asam yang diproduksi di perut, dan digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, refluks asam, dan sakit maag.

Pada situs Medicines in Pregnancy dituliskan bahwa Omeprazole ini bermanfaat untuk mengobati gangguan pencernaan dan refluks asam yang sering terjadi pada kehamilan. Padahal kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada bumil. Penggunaan Omeprazole ini dapat memperbaiki gejala yang dialami bumil

Omeprazole juga dapat membantu menyembuhkan sakit maag dan mencegah komplikasi serius. 

Omeprazole biasanya digunakan pada kehamilan. Belum ada bukti bahwa Omeprazole atau obat lain dari keluarga PPI berhubungan dengan keguguran, cacat lahir, lahir mati, kelahiran prematur, atau berat lahir bayi rendah.

Namun pada laman NHS disebutkan bahwa meski Omeprazole aman dikonsumsi selama kehamilan, bumil lebih baik mencoba mengobati gangguan pencernaan tanpa minum obat.

Bumil dapat mencoba lebih sering makan dalam porsi kecil serta menghindari makanan berlemak dan pedas. Duduk tegak saat makan juga akan mengurangi tekanan pada perut.

Apabila gejala muncul di malam hari, bumil dapat menopang kepala dan bahu ketika tidur. Ini dapat membantu menghentikan asam ambung yang muncul saat tidur.

Jika semua cara tanpa obat ini sudah dicoba tapi tidak berhasil mengobati gangguan pencernaan, dokter mungkin merekomendasikan Omeprazole untuk bumil. Tapi obat-obatan lain seperti antasida atau alginat dapat dicoba sebelum menggunakan Omeprazole.

Kapan bumil dapat minum Omeprazole? Klik halaman berikutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 manfaat jahe dan dosis amannya untuk ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
RISIKO IBU HAMIL PERLU MINUM OMEPRAZOLE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!