sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Jenis Obat Flu dan Batuk yang Dilarang Diminum Ibu Hamil, Catat ya Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 22 Nov 2022 07:10 WIB
obat flu dan batuk untuk ibu hamil 5 Jenis Obat Flu dan Batuk yang Dilarang Diminum Ibu Hamil, Catat ya Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/Piyapong Thongcharoen
Jakarta -

Banyak pertimbangan kesehatan yang mendasari Bunda hamil mana kala memutuskan segala sesuatu, bahkan ketika Bunda sedang sakit. Tidak semudah yang lain, yang tidak sedang hamil. Bunda hamil diimbau untuk lebih selektif memilih obat agar janin tetap selamat ya.

Mengutip dari Verywellfamily, termasuk ketika sedang terserang flu dan batuk, saat ingin kembali sehat melalui obat, Bunda harus paham dulu akan mengonsumsi obat jenis apa yang tidak berimplikasi buruk pada perkembangan Si Kecil dalam rahim ya. 

Sekalipun flu dan batuk disebabkan virus yang berbeda, keduanya sering memiliki gejala yang sama. Sehingga sulit bagi orang untuk membedakan keduanya. Dalam kebanyakan kasus, gejala flu lebih serius daripada pilek. 


Menurut CDC, pilek biasanya memiliki onset umum dan umumnya ditandai dengan bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, dan rasa tidak nyaman di dada ringan hingga sedang.

Lantas bagaimana Bunda hamil mengobati keduanya? Yuk simak terus ya. 

Obat flu dan batuk yang dilarang untuk ibu hamil

Melansir Unmhealth, saat Bunda hamil, bayi akan terpapar pada semua hal yang Bunda alami. Artinya, ketika Bunda sakit pilek atau flu, Si Kecil tidak hanya akan terpapar virus pilek atau flu, tetapi juga obat apa pun yang mungkin Bunda konsumsi.

Biasanya, dengan sebagian besar virus, Bunda harus menunggu sistem kekebalan Bunda melawan infeksi. Obat bebas dapat membantu meringankan gejala yang Bunda alami ya. Namun, tidak semua obat bebas aman dikonsumsi selama kehamilan. Obat-obatan tertentu dapat menyakiti bayi atau menyebabkan masalah bagi Bunda, memicu hipertensi salah satunya. 

Untuk itu, Healthline mengulas beberapa obat flu dan batuk yang harus Bunda hindari di antaranya:

  1. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti Motrin dan Advil (ibuprofen), Bayer (aspirin), dan Aleve dan Naprosyn (naproxen), dosis yang lebih tinggi dapat menyebabkan penutupan pembuluh darah prematur pada bayi. Namun, aspirin dosis rendah sekarang secara rutin direkomendasikan untuk indikasi lain.
  2. Obat flu apa pun yang mengandung alkohol, termasuk Benadryl dan NyQuil
  3. Codeine, obat yang dapat menyebabkan depresi pernapasan janin
  4. Bactrim (sulfametoksazol/trimetoprim), antibiotik yang dapat mengganggu metabolisme asam folat sekaligus merangsang produksi bilirubin (pigmen yang ditemukan di hati). dan diekskresikan dalam empedu), keduanya tidak baik untuk bayi. 
    Kekhawatiran metabolisme asam folat hanya pada trimester pertama, dan kekhawatiran penyakit kuning hanya terjadi setelah usia kehamilan 32 minggu. Obat tersebut dapat digunakan tanpa kekhawatiran, terutama bila pengobatan diperlukan.
  5. Dekongestan berbasis pseudoefedrin dan fenilefrin, keduanya dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, berpotensi meningkatkan risiko cacat lahir tertentu pada trimester pertama (terutama jika Anda seorang perokok) dan risiko peningkatan tekanan darah jika digunakan di kemudian hari. kehamilan.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk untuk tahu obat flu dan batuk yang aman untuk diminum ibu hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 6 obat paling ampuh sembuhkan batuk pada ibu hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
OBAT FLU DAN BATUK YANG AMAN UNTUK IBU HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!