sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Melancarkan ASI dari Dr. Zaidul Akbar, Perbanyak Makan Tempe Bun

Hilda Irach Minggu, 06 Dec 2020 17:24 WIB
Tips Melancarkan ASI dari Dr. Zaidul Akbar, Perbanyak Makan Tempe
Sudah menjadi rahasia umum, tempe kaya akan nutrisi bagi tubuh. Tapi tahukah, Bunda, kandungan kedelainya bisa memperlancar ASI? Simak selengkapnya di sini. caption

2.  Membantu memperlancar produksi ASI

Protein kedelai adalah salah satu jenis protein nabati yang banyak digunakan orang, baik sebagai alternatif daging maupun untuk berbagai manfaat kesehatan, Bunda. Protein kedelai hadir dalam bentuk kedelai, produk kedelai seperti tahu, dan tempe, yang bisa ditambahkan ke dalam sajian menu makan keluarga.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2003, dalam Journal of Perinatal Education dijelaskan, protein kedelai adalah satu-satunya sumber nabati dari delapan asam amino esensial. Asam amino adalah bahan pembangun protein, dan jenis esensial adalah yang tidak diproduksi secara alami di dalam tubuh kita.

Selain itu, sumber protein kedelai juga kerap tinggi kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu menyusui. Seperti kalsium, zat besi, dan serat. Sehingga, membantu memperlancar produksi ASI nih, Bunda.


Tak hanya meningkatkan asupan protein, kedelai juga ramah jantung dan bahkan bisa berperan dalam pencegahan kanker.

3. Kedelai dan Alergi

Kacang kedelai memang kaya akan protein, kalsium dan zat besi. Tapi, hati-hati beberapa bayi mungkin memiliki reaksi alergi terhadap kedelai. Alergi ini ditandai dengan ruam yang cukup parah pada tubuh Si Kecil.

Muntah dan diare juga merupakan tanda umum alergi makanan pada bayi yang diberi ASI. Kalau Si Kecil alergi terhadap kedelai, Bunda harus mencari protein pada bahan makanan lain.

Tapi jangan khawatir, bagi Bunda yang sering mengonsumsi kedelai secara teratur, umumnya bayi tidak akan mengalami reaksi alergi terhadap ASI Bunda.

 

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi