sign up SIGN UP search


menyusui

Pilihan Makanan Bernutrisi Seimbang untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 20 Feb 2021 12:06 WIB
MAKANAN BERNUTRISI
Ilustrasi menyusui caption

Selain oatmeal, berikut ini beberapa makanan lainnya yang bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan nutrisi yang Bunda butuh selama menyusui, ya.

1. Wortel

Wortel merupakan sayuran kaya serat yang dapat menambah warna dan nutrisi penting dalam masa menyusui. Bunda dapat mengonsumsinya di salad, sandwich atau memasaknya dengan makanan lain. Mengonsumsi wortel secara teratur akan memberikan nutrisi dan meningkatkan suplai ASI.

2. Fenugreek

Daun dan biji fenugreek biasa dikonsumsi sebagai makanan laktogenik. Tanaman ini diketahui dapat meningkatkan suplai ASI dan bermanfaat bagi kesehatan ibu menyusui. Fenugreek juga umum digunakan sebagai bahan utama produk ASI Booster yang dijual di pasaran, Bun.


3. Buncis

Buncis kaya akan protein, mikronutrien, dan senyawa bioaktif berkualitas tinggi. Fitoestrogen yang ada di dalamnya dapat memberikan manfaat laktogenik. Bunda pun dapat mengonsumsi buncis dalam olahan sup, dan berbagai menu rumahan lainnya yang Bunda suka.

4. Salmon

Salmon merupakan ikan rendah merkuri yang kaya akan protein berkualitas tinggi, vitamin D, B12, dan nutrisi asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi ibu dan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi salmon secara teratur dapat meningkatkan suplai ASI dan komposisi ASI.

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber mikronutrien, serat makanan, dan senyawa bioaktif yang sangat baik di mana dapat meningkatkan pemulihan pascapersalinan dan nutrisi ibu. Selain itu, sayuran ini juga dapat meningkatkan suplai ASI. Tambahkan sayuran berdaun hijau seperti katuk, bayam, sawi, ke dalam makanan harian dan nikmati manfaatnya.

Demikian beberapa pilihan makanan bernutrisi yang dapat bermanfaat untuk ibu menyusui. Semoga berguna ya, Bun.

(fia/fia)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi