sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Melakukan Weaning with Love, Metode Menyapih Anak dengan Cinta

Annisa Karnesyia Kamis, 03 Jun 2021 20:00 WIB
Menyapih Anak caption
Jakarta -

Menyapih si Kecil dapat dilakukan secara bertahap ya, Bunda. Proses ini enggak boleh dilakukan secara mendadak ketika anak belum siap lepas dari menyusui langsung ke payudara Bunda.

Dikutip dari Healthline, sebenarnya tidak ada batasan usia yang tepat untuk berhenti menyusui. Keputusan menyapih tergantung pada Bunda dan bayi.

Namun, berdasarkan data, anak dengan sendirinya akan berhenti menyusu pada usia 2,5 sampai 7 tahun. Ketika Bunda dan si kecil sudah siap, mulailah secara perlahan.


Menurut konselor laktasi, dr.Lia Kurnia Hartanti, menyapih bukan cuma tentang anak berhenti menyusu di payudara ibunya. Proses ini juga berkaitan tentang bagaimana anak menjadi mandiri.

banner resep masakan seminggu

Bunda dapat menggunakan metode weaning with love dalam menyapih buah hati. Artinya, menyapih dengan cinta secara pelan-pelan sampai akhirnya anak mau menerima dan berhenti menyusu.

"Kita menyebutnya harus weaning with love, jadi menyapih dengan cinta dan jangan diputus secara tiba-tiba," ujar dokter Lia kepada HaiBunda, belum lama ini.

Melalui metode ini, akan akan siap menyapih tanpa drama. Dalam weaning with love, Bunda juga dituntut harus sabar karena metode kasih sayang atau cinta ini tetap memerlukan proses yang enggak sebentar.

Saat melakukan weaning with love, Bunda juga perlu memantapkan hati untuk tidak menyusui lagi. Jangan sampai Bunda enggak tega dan mengakhiri proses ini di tengah jalan ya.

"Jadi semua kembali lagi ke ibunya, sudah mampu atau belum melepas anak untuk disapih," kata dokter Lia.

Lalu apa saja langkah-langkah dan hal penting yang perlu diperhatikan dalam melakukan metode ini? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MELAKUKAN WEANING WITH LOVE SAAT MENYAPIH ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi