sign up SIGN UP search


menyusui

5 Langkah Perawatan Payudara Ibu Menyusui untuk Cukupi Kebutuhan ASI Bayi

Annisa Karnesyia Senin, 20 Sep 2021 14:15 WIB
CARA MELAKUKAN PERAWATAN PAYUDARA SELAMA MENYUSUI
Ibu Menyusui caption

Menurut Dr. dr. H. Imam Rasjidi, SpOG (K) Onk, dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah, perawatan payudara dapat dimulai pada usia kehamilan 7 sampai 8 bulan. Bunda tidak perlu khawatir dengan bentuk payudara saat melakukan perawatan ini ya.

Berikut 5 langkah perawatan payudara ibu menyusui untuk mencukupi kebutuhan ASI bayi:

  1. Tuang minyak khusus pijat payudara ke telapak tangan secukupnya.
  2. Letakkan kedua telapak tangan Bunda di antara belahan payudara, kemudian urut pelan mulai dari atas, ke bawah, ke samping, kemudian menuju puting susu dengan mengangkat payudara secara perlahan. Lalu tangan bisa diangkat atau lepaskan secara perlahan.
  3. Telapak tangan kanan menyokong payudara sebelah kanan dan tagan kiri dengan sisi kelingking menurut payudara mulai dari pangkal dada ke arah puting susu. Lakukan gerakan serupa pada payudara sisi lain.
  4. Sangga payudara kanan dengan tangan kanan, dua atau tiga jari dari tangan kiri membuat gerakan memutar sambil menekan pelan dari pangkal payudara dan berakhir di puting susu. Lakukan dua kali gerakan ini untuk setiap payudara ya, Bunda.
  5. Setelah gerakan mengurut payudara selesai, kompres kedua payudara dengan waslap hangat dan dingin secara bergantian selama lima menit.


(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!