sign up SIGN UP search


menyusui

Berapa Banyak Sih Kebutuhan ASI Bayi 3 Bulan? Simak Tanda Bayi Lapar Bun

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 10 Oct 2021 09:40 WIB
Ibu menyusui caption

Jakarta - Sejak bayi lahir, kebutuhan ASI bayi memang perlu dipenuhi secara maksimal. Terutama, kebutuhan ASI bayi 3 bulan yang memang sedang tumbuh pesat nih, Bunda.

Saat bayi Bunda bertambah usia, pemberian makan memang akan berubah. Bayi akan mulai minum lebih banyak ASI setiap kali menyusu sehingga mereka tak perlu menyusu terlalu sering dan akan tidur lebih lama di malam hari.

Selain itu, nafsu makan bayi juga akan meningkat selama percepatan pertumbuhan. Bunda dapat melanjutkan pemberian ASI sesuai permintaan anak itu sendiri, dengan jumlah pemberian makanan disesuaikan kebutuhannya.


Oh ya, Bunda, bayi juga akan menjadi lebih ekspresif seiring bertambahnya usia mereka. Mereka akan lebih banyak berinteraksi antara Bunda dan bayi selama menyusui. Misalnya saja, sering tersenyum saat berinteraksi dengan Bunda ketika menyusuinya.

Saat bayi tumbuh, mereka akan mendapatkan lebih banyak asupan setiap kali menyusu, dengan rentang waktu yang jauh lebih lama dari sebelumnya. Bunda juga akan melihat bahwa bayi mulai tidur lebih lama di malam hari.

Selama bulan kedua, bayi mungkin membutuhkan sekira 4 atau 5 ons setiap kali menyusui. Dan pada akhir 3 bulan, bayi mungkin membutuhkan beberapa ons tambahan setiap kali menyusui, seperti dikutip dari laman Kids Health.

Pada fase 3 bulan, sangatlah umum bayi mengalami lonjakan pertumbuhan.  Tanda-tanda percepatan pertumbuhan tersebut yakni bayi akan sangat lapar atau rewel. Ini merupakan hal yang normal ya, Bunda. Karena itu, tak mengherankan kalau kebutuhan ASI bayi 3 bulan meningkat.

Perlu Bunda tahu bahwa bayi sudah paham bagaimana cara memberitahukan bahwa mereka sedang lapar. Misalnya saja rewel ataupun memperlihatkan tangisannya. 

Segeralah Bunda menyusuinya agar kebutuhan ASI-nya terpenuhi. Bunda dapat menyusui sekitar tiga atau empat jam pada usia ini, tetapi  ini tidak bisa dijadikan patokan untuk semua bayi ya. Ingat! Setiap bayi mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain.

Hal terpenting yang perlu Bunda perhatikan adalah bayi tampak puas sebagai tanda mereka kenyang. Selain itu, tanda lainnya yaitu payudara Bunda juga benar-benar kosong dan berat badan bayi bertambah dengan sehat, seperti dikutip dari laman The Bump.

Untuk memeriksa apakah bayi mendapatkan cukup ASI, Bunda dapat memeriksa popoknya. Biasanya, sekira empat atau lima popok basah atau lebih dalam sehari bisa dihasilkan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda, untuk informasi kebutuhan ASI bayi 3 bulan lebih lengkap!

Atur waktu pompa ASI atau menyusui bayi agar tak kekurangan nutrisi seperti dijelaskan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



PERUBAHAN POLA MENYUSU BAYI 3 BULAN DAN CARA MEMENUHI ASI UNTUKNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!