sign up SIGN UP search

menyusui

5 Kesalahan yang Bikin Anak Gagal Disapih, Salah Satunya Memberikan Brotowali

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 10 May 2022 07:11 WIB
TIDAK MEMAKSA DAN MENGAJARI BANYAK ALASAN
Mother hug her daughter in home caption

4. Langsung memaksa

Si Kecil bisa agresif jika Bunda menggunakan cara ini ya. Tak perlu langsung memaksanya sebab reaksi Si Kecil bisa merugikan Bunda sendiri. Apalagi jika Si Kecil sakit dan tumbuh gigi juga dapat mengganggu proses menyapih, dia mungkin perlu istirahat, Bunda.

5. Tidak memberikan alasan

Si Kecil mungkin masih belum sepenuhnya mengerti keadaan ya, Bunda. Tetapi dia mempunyai daya serap seperti spons yang sangat memungkinkan dapat mengerti juga penjelasan Bunda. Termasuk kenapa harus berhenti menyusu. Bunda bisa menjelaskannya secara konsisten dengan penyampaian yang bisa dia mengerti dan tidak mengubah-ubah alasan. 

Jika masih kesulitan, Bunda bisa memberinya contoh teman main atau teman seusianya yang sudah berhasil disapih sebelumnya sehingga dia tidak merasa sendirian mengalami berhenti menyusu ya. Biasanya Si Kecil akan menjadi bersemangat jika ada teman mainnya kan, Bunda. 


Cara di atas mungkin sangat tidak mudah ya, Bunda.  Tapi, hal itu tidak masalah karena konsep menyapih diperbolehkan menunggu sampai anak benar-benar siap lepas ASI, Bunda. 

 

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!