sign up SIGN UP search


menyusui

4 Jenis Makanan Pemicu Bayi Kolik, Busui Batasi Kopi hingga Masakan Pedas

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 01 Jun 2022 07:10 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed caption

Jakarta - Pencernaan bayi yang masih sensitif membuat busui perlu selektif memilih makanan. Terutama nih, Bunda, perlu banget menghindari makanan busui yang bisa memicu bayi kolik.

Kolik memang seringkali tak terlalu tampak. Bayi bisa terlihat tampak sehat dan tak ada tanda kesulitan yang dialaminya. Namun, biasanya bayi kolik terus menangis tanpa alasan jelas. 

Salah satu tanda kolik yang paling mudah ditandai ketika tangisan bayi berlebihan dan sering tanpa alasan yang jelas. Beberapa di antaranya ditunjukkan karena adanya ketidaknyamanan perut.


Biasanya bayi menarik lututnya ke atas ketika menangis yang menunjukkan bahwa ada angin terperangkap di perutnya alis kembung. Kondisi ini tentu sangat menyusahkan bayi dan juga orang tua dan dapat berlangsung beberapa minggu.

Janin Terlilit Tali PusarJanin Terlilit Tali Pusar/ Foto: Novita Rizki/ HaiBunda

Gejala kolik pada bayi

Tangisan normal biasanya dimulai ketika Si Kecil berusia sekitar dua minggu. Ketika bayi mengalami kolik, biasanya antara usia 2 dan 4 minggu. Sekitar 1 dari 5 bayi akhirnya menderita kolik di mana gejala lainnya meliputi beberapa hal berikut:

  1. Menangis tanpa henti untuk waktu yang lama
  2. Perut bayi kembung
  3. Bayi sering menarik lutut ke dada serta wajahnya memerah.

Salah satu penyebab yang berkaitan dengan kolik biasanya berasal dari makanan yang busui makan. Seperti diketahui bahwa ibu menyusui biasanya dapat makan apa pun yang mereka inginkan. Namun, beberapa bayi baru lahir tidak toleran terhadap makanan tertentu.

Kriteria penting untuk makanan busui seharusnya makanan yang bergizi dan menenangkan. Makanan yang dimasak lambat, seperti sup dan semur dianjurkan. Serta, hindari juga terlalu banyak makanan mentah dan membatasi makanan yang dikonsumsi langsung dari lemari es atau freezer.

Perlu Bunda ingat bahwa apa pun yang terlalu keras yang melewati ASI dapat membahayakan usus bayi yang sedang berkembang. Makanan penyebab kolik dapat masuk ke dalam ASI dan membuat bayi kesal.

Klik di halaman selanjutnya untuk informasi mengenai makanan busui terkait kolik bayi.

Bunda, yuk download juga aplikasi Allo Bank di sini.

Simak juga manfaat jeruk untuk ibu menyusui seperti penjelasan video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MAKANAN BUSUI BIKIN BAYI KOLIK, PEDAS HINGGA MENGANDUNG GAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!