sign up SIGN UP search


menyusui

Bingung Pilih Susu Almond atau Kedelai? Ketahui yuk Kelebihan dan Kekurangannya

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 20 Jul 2022 13:44 WIB
Thirsty young woman drinking milk from a glass in the kitchen Bingung Pilih Susu Almond atau Kedelai? Ketahui yuk Kelebihan dan Kekurangannya/Foto: Getty Images/iStockphoto/Makidotvn
Jakarta -

Berbagai pilihan susu untuk busui sudah tersedia di pasaran. Bunda pun bisa memilihnya sesuai selera, ada susu berbahan dasar almond, susu sapi, dan susu kedelai. Nah, di antara susu almond dan susu kedelai, sebenarnya mana yang paling bagus untuk busui ya, Bunda?

Pilihan tersebut memang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Bunda sendiri ya. Selama ini, susu sapi dikenal memang yang paling menyehatkan dan kaya gizi.

"Susu sapi diketahui kaya protein dan mengandung banyak kalsium dalam makanan kebanyakan orang," ujar Ellen Klosz, ahli gizi dari Consumer Reports.


Hanya saja, sering kali banyak busui yang memilih susu non sapi dan menggantinya dengan susu nabati. Seperti misalnya susu kedelai atau susu almond. 

Dilihat dari kandungannya, susu kedelai memiliki nutrisi paling dekat dengan susu sapi. Susu kedelai memiliki jumlah protein yang hampir sama atau lebih. Dan, jika difortifikasi bisa memiliki kandungan vitamin dan mineral yang serupa. Tetapi, berhati-hatilah dengan gula tambahan, seperti dikutip dari laman Ctvnews.

Sementara itu, susu almond merupakan susu nabati yang kini sedan hits dikonsumsi busui jaman now . Susu ini memiliki rasa almond ringan hingga sedang yang dapat dinikmati kapan pun. 

Melansir Medical News Today, susu almond dan susu kedelai memang menjadi dua varietas susu nabati paling populer di pasaran. Masalah seperti intoleransi laktosa, alergi susu, dan meningkatnya popularitas vegetarian, serta diet rendah kolesterol mendorong industri makanan memperkenalkan berbagai alternatif nabati untuk susu sapi.

Susu almond dan susu kedelai sendiri keduanya vegan, bebas laktosa alami, dan rendah kolesterol. Tetapi, ada perbedaan dalam manfaat kesehatan, kandungan nutrisi, dan dampak lingkungan.

Kelebihan susu almond untuk ibu menyusui

Susu almond memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik yang dapat menjadi sumber protein, vitamin utama, serat, dan antioksidan. Susu almond juga memiliki kadar asam lemak tak jenuh tunggal yang tinggi. Jenis lemak sehat ini dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Penelitian juga menunjukkan asam lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi low density lipoprotein (LDL) yang disebut kolesterol jahat di dalam tubuh. Para peneliti menghubungkan lemak ini dengan penyakit jantung, obesitas, dan kanker.

Kelebihan susu kedelai untuk ibu menyusui

Pada susu kedelai, sedianya susu ini mirip dengan susu almond. Susu kedelai memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang lebih tinggi dibandingkan dengan lemak jenuh. Lemak jenuh, yang ada dalam susu sapi, berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dan masalah jantung.

Selain mengandung lemak sehat, susu kedelai merupakan satu-satunya alternatif produk susu yang menawarkan jumlah protein yang sama dengan susu sapi. Kandungan nutrisi dalam susu kedelai sebanding dengan susu sapi.

Terlepas dari sifat alami bebas kolesterol dan vegan, susu kedelai mengandung isoflavon. Penelitian menunjukkan bahwa isoflavon adalah antioksidan, dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan mungkin memiliki sifat antikanker.

Menurut The National Center for Complementary and Integrative Health, mengonsumsi protein kedelai setiap hari dapat mengurangi kolesterol LDL.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang resep susu kacang almond di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



SUSU ALMOND VS SUSU KEDELAI, BAGUS MANA UNTUK BUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!