sign up SIGN UP search


menyusui

7 Drama Menyusui yang Dialami para Artis, Ada yang Sampai Dilarikan ke UGD

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 04 Aug 2022 12:10 WIB
SHIREEN SUNGKAR ALAMI MASTITIS
Chelsea Olivia caption

5. Shireen Sungkar

Artis Shireen Sungkar mengalami masalah menyusui setelah melahirkan anak ketiganya, Cut Shafiyyah Mecca Al Fatih. Saat si Bungsu masih berusia beberapa bulan, Shireen mengalami mastitis.

Kondisi tersebut membuat Shireen harus bolak-balik ke rumah sakit, Bunda. Kondisi yang sama juga pernah dialaminya saat menyusui anak kedua, Cut Hawwa Medina Al Fatih.

Saat Hawwa berusia 6 bulan, Shireen pernah sampai beberapa kali masuk rumah sakit karena mastitis. Akibatnya, dia harus berpisah dengan putrinya yang masih bayi.


Jadi waktu Hawwa umur 6 bulan saya berapa kali masuk rumah sakit karena infeksi, ada juga hampir mastitis akhirnya sampe dirawat dua hari dan pisah sama Hawwa, alhasil stock ASI yang tadinya banyak sekulkas lama lama habis,” tulis Shireen dalam akun Instagram miliknya.

"Puncaknya waktu hawwa 10-11 bulan asi seret bgt jadi diakali nyusunya dikurangi tapi mamam sama minum air putihnya dibanyakin, ahirnya saya mutusin untuk ke dokter laktasi."

Kondisi Shireen lalu mulai membaik setelah konsumsi pelancar ASI dan obat mual. Ia juga mulai rutin pumping menggunakan tangan untuk mengatasi stok yang berkurang.

Shireen SungkarShireen Sungkar/ Foto: Instagram @shireensungkar

6. Chelsea Olivia

Artis Chelsea Olivia sempat mengalami kedala saat menyusui anak bungsunya, Dante Oliver Alinskie. Chelsea pernah mengunggah kondisi tubuhnya yang menurun karena mengalami clogs atau saluran ASI-nya tersumbat.

"Enggak enak badan seharian karena ASI lagi clogs," tulis Chelsea, dikutip dari Instagram @nastusha.olivialinskie, beberapa waktu lalu.

Dalam unggahan tersebut, Chelsea juga membagikan tipsnya mengatasi ASI-nya tersumbat. Ia ternyata mendapat pijat oksitosin langsung dari sang suami.

"Cara terakhir di pijat oksitosin sama suami. Terima kasih sayang, Glenn Alinskie," ujar Chelsea.

7. Tatri 'Kotak'

Usai melahirkan anak pertamanya tahun 2016 silam, Tantri 'Kotak' sempat mengalami baby blues. Hal ini karena ASI-nya tak keluar alias mampet, Bunda.

"Jadi pas sudah lahiran itu kan masuk fase baru di mana saya jadi ibu, dan suami jadi ayah. Tapi, kita enggak ada preparation (persiapan) untuk ketika anak ini lahir harus minum susu," ujar Tantri kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

"Saya enggak tahu, enggak mendalami, bagaimana cara menyusui yang baik. Jadi selama dua hari, ASI enggak keluar, akhirnya anak saya sakit, panas," sambungnya.

Untuk mengatasinya, Tantri sampai harus meminta ASI perah dari keluargaya yang juga baru melahirkan. Di waktu itu, vokalis band Kotak ini berusaha menenangkan dirinya, Bunda.

"Hari kedua, suamiku tidak menerima tamu sama sekali, kita pelukan berdua. Terus pas banget aku punya saudara yang baru lahiran, jadi minta ASIP ke dia, sambil aku menenangkan diriku," ungkapnya.

(ank/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!