sign up SIGN UP search

menyusui

7 Langkah Memerah ASI dengan Tangan, Tetap Sabar dan Tekun ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 08 Sep 2022 07:21 WIB
closeup woman hands self breast examination hand checking her breast cancer sign caption
Jakarta -

Cara memerah ASI dengan tangan yang baik dan benar penting diketahui para ibu menyusui. Terutama bagi Bunda yang rutin memompa ASI saat beraktivitas di luar rumah.

Pengosongan payudara bagi ibu menyusui memang perlu dilakukan ya, Bunda. Selain menjaga pasokan ASI tetap aman, pengosongan payudara juga membuat payudara terhindar dari risiko bengkak.

Bagi ibu menyusui yang bekerja, biasanya pengosongan payudara memang dilakukan dengan memompa ASI di sela-sela aktivitasnya. Selain menggunakan bantuan pompa ASI, banyak busui juga yang mengandalkan ekspresi tangan sebagai media untuk memerah ASI-nya.


Keuntungan memerah ASI dengan tangan

Memang, tak banyak busui di era modern yang memilih cara ini ya, Bunda. Padahal, cara memerah ASI dengan tangan ini memiliki banyak keuntungan lho, yakni:

1. Efektif dan efisien

Memerah ASI dengan tangan sangatlah efisien dan juga efektif dalam mengosongkan payudara yang hasilnya pun tidak kalah saat menggunakan bantuan pompa ASI.

"Memerah ASI dengan tangan merupakan cara yang sangat efektif dan sering kali lebih efisien daripada menggunakan pompa ASI terutama saat beberapa hari pertama ibu menyusui mengeluarkan kolostrum," ujar Angie Natero, seorang konsultan laktasi seperti dikutip dari laman Romper.

2. Mencegah bayi tersedak

Kemudian, memerah ASI dengan tangan juga dapat mencegah bayi tersedak karena aliran ASI yang sangat kencang. Dan, mengonsumsi ASI perah bagi bayi dalam kondisi tersebut dapat menjadi pilihan terbaik.

Mengingat manfaatnya yang begitu besar, tentu saja memerah ASI dengan tangan dapat menjadi pilihan ya, Bunda. Bagi Bunda yang memilih memerah ASI dengan tangan, hal penting yang perlu dipikirkan yakni bagaimana cara memerah ASI dengan tangan yang baik dan benar. 

Tips mudah memerah ASI dengan tangan 

Sebelum menyimak cara memerah ASI dengan tangan yang baik dan benar, penting bagi Bunga mengetahui hal berikut terlebih dahulu. Salah satunya yakni bersabar mengingat proses memerah ASI dengan tangan membutuhkan usaha yang tidak sebentar dan juga kesabaran lebih.

Lakukan di pagi hari

Agar lebih efektif, Bunda dapat memerah ASI di pagi hari saat payudara terasa penuh atau setelah menyusui bayi. Waktu ini menjadi momen efektif sehingga Bunda dapat menghasilkan hasil pompaan ASI yang melimpah.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara memerah ASI dengan tangan:

[Gambas:Video Haibunda]



CARA MEMERAH ASI DENGAN TANGAN YANG BAIK DAN BENAR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!