sign up SIGN UP search

menyusui

7 Langkah Memerah ASI dengan Tangan, Tetap Sabar dan Tekun ya Bun

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Kamis, 08 Sep 2022 07:21 WIB
CARA MEMERAH ASI DENGAN TANGAN YANG BAIK DAN BENAR
Ilustrasi Mengencangkan Payudara caption

Berganti payudara

Kemudian, bergantilah payudara setiap kali aliran ASI melambat. Dan, gerakkan ibu jari dan jari pada posisi yang berbeda di sekitar payudara untuk memastikan semua saluran ASI dikosongkan.

Kebanyakan ibu menyusui memang dapat dengan mudah melakukannya ya, Bunda. Tetapi, sebagian lainnya mungkin membutuhkan sedikit upaya lebih. Bersabarlah menghadapinya karena seiring waktu dan sering berlatih, Bunda pun semakin mahir memerah ASI dengan tangan.

Banner Vitamin Ibu Hamil

Langkah-langkah memerah ASI dengan tangan

Nah, bagi Bunda yang ingin mempraktikkannya, berikut ini beberapa caranya ya, Bunda, seperti dikutip dari laman Toronto:


  1. Cucilah tangan di air mengalir menggunakan sabun.
  2. Gunakan gelas atau botol bersih untuk menampung ASI perah.
  3. Sebelum memerah ASI dengan tangan, Bunda dapat mengompres payudara menggunakan handuk hangat selama beberapa menit dimana hal ini dapat memberikan efek rileks pada payudara.
  4. Bunda juga dapat memberikan pijatan lembut pada bayi. Pijatlah area payudara dengan lembut ke arah puting susu sehingga dapat melemaskan payudara sebelum dipompa ASI-nya.
  5. Lakukan gerakan memerah ASI dengan tangan menggunakan bentuk C dengan jari-jari sekitar 1-1,5 inci ke belakang dari tepi luar area gelap (areola).
  6. Dorong ibu jari dan 2 jari lurus ke belakang ke arah dada hingga ASI keluar. Lakukan gerakan ini berulang dengan lembut.
  7. Kompres kembali payudara dengan lembut dengan cara mendekatkan ibu jari dan jari satu sama lain. Hindari menggeser jari ke bawah menuju puting. Kemudian, rilekskan jari-jari.

Itulah cara memerah ASI dengan tangan yang baik dan benar yang bisa Bunda lakukan. Selamat mempraktikkan ya, Bunda. Semoga informasinya membantu, Bunda.

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!