sign up SIGN UP search


moms-life

Penyebab Miss V Terasa Nyeri Saat Berhubungan Seks

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 24 Oct 2019 19:00 WIB
Sebagian Bunda merasakan nyeri di area intim saat berhubungan seksual. Simak penyebab dan cara mengatasinya! caption
Jakarta - Sebagian Bunda pernah merasakan nyeri di area miss v ketika bercinta. Kondisi ini tentu membuat cerita sex bersama ayah jadi kurang nikmat kan, Bunda?

Nyeri pada Miss V memang menjadi masalah kompleks dan beragam, sehingga tidak ada penjelasan tunggal. Setiap kasus yang dialami satu wanita dengan lainnya bisa jadi berbeda penyebabnya, Bunda.

Perlu Bunda tahu bahwa nyeri saat bercinta mungkin merupakan sinyal adanya masalah ginekologis, seperti kista ovarium atau endometriosis. Dan, rasa sakit saat bercinta juga dapat disebabkan oleh masalah respons seksual seperti kurangnya keinginan bercinta atau kurangnya gairah bercinta, seperti dikutip dari laman Acog.


Nyeri saat bercinta, biasanya dirasakan pada area vulva atau di area sekitar pembukaan Miss V atau di dalam Miss V, Bunda. Perineum merupakan tempat nyeri yang umum saat bercinta. Selain itu, Bunda juga mungkin merasakan sakit di punggung bagian bawah, daerah panggul, rahim, atau kandung kemih.

Penyebab Miss V Terasa Nyeri Saat Berhubungan SeksualPenyebab nyeri miss v saat berhhubungan seks/ Foto: iStock

Dr Mary Jane Minkin, clinical professor of obstetrics, gynecology, and reproductive sciences dari Yale School of Medicine mengatakan bahwa seks memang seharusnya menyenangkan. Sehingga tidak menyebabkan rasa sakit serta tidak nyaman.

"Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan rasa nyeri muncul di Miss V saat bercinta. Misalnya, apakah wanita memiliki gangguan infeksi vagina, merasakan gejala IMS seperti gatal, keputihan tidak normal, sensasi terbakar dan lainnya. Untuk memastikannya, Bunda bisa mendatangi obgyn guna dilakukan tes lebih lanjut," ujarnya seperti dikutip dari Buzz Feed News.

Selain itu, kasus nyeri di Miss V bisa terjadi karena adanya cedera atau iritasi, pada kulit vulva dan lubang Miss V. Biasanya, hal ini disebabkan karena kecelakaan, pembedahan, trauma panggul, sunat pada wanita, tindakan yang salah, atau sayatan yang dibuat untuk memperlebar saluran lahir.

Oh ya, jika Bunda mengalami cedera pada miss v, penting juga untuk meluangkan waktu sementara hingga cedera kembali pulih total. Sehingga, ada baiknya Bunda dan pasangan benar-benar menunggu untuk berhubungan seks kembali sampai obgyn Bunda memberikan lampu hijau.

Nah, semoga membantu, Bunda.

Simak juga cara mencegah kehamilan ektopik, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!