sign up SIGN UP search


moms-life

6 Manfaat Vaksinasi Influenza di Masa Pandemi, Bisa Selamatkan Hidup Anak Bun

Annisa Karnesyia Rabu, 24 Nov 2021 11:20 WIB
Orang sakit caption
Jakarta -

Vaksinasi COVID-19 sudah mulai berjalan di Indonesia. Vaksinasi dilakukan untuk melindungi tubuh dari bahaya COVID-19, Bunda.

COVID-19 adalah penyakit di saluran pernapasan yang gejalanya mirip dengan penyakit influenza. Pembeda gejala adalah munculnya anosmia atau hilang indra penciuman dan perasa yang hanya dialami pasien terpapar COVID-19.

Tahukah Bunda? Seseorang yang terpapar COVID-19 juga bisa terkena penyakit influenza lho. Kondisi ini disebut juga co-infection atau ko-infeksi.


Seseorang yang mengalami ko-infeksi, kemungkinan bisa menjadi berat sakitnya. Tingkat keparahan ini bisa menyebabkan waktu rawat inap lebih lama dan memperberat beban pelayanan kesehatan

Banner Rekomendasi 3 Tanaman Hias IndoorFoto: HaiBunda/Mia

"Ko-infeksi adalah orang yang terkena Covid dan influenza secara bersamaan. Menurut kepustakaan, Covid menjadi berat gejala klinis, kalau ada influenza, apalagi kalau pasien punya penyakit kronik," kata Ketua Satgas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Prof. DR. Dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, dalam Media Briefing World Flu Day via Zoom, Jumat (19/11/21).

Dalam kesempatan yang sama, Prof. DR. Dr. Cissy B Kartasasmita, SpA(K) sebagai Ketua Indonesia Influenza Foundation (IIF) menjelaskan bahwa vaksinasi influenza menjadi cara paling efektif untuk melindungi diri dari dua penyakit tersebut, Bunda.

"Ada hasil penelitian yang mengatakan bahwa orang yang terkena Covid berat, rata-rata itu dia tidak mendapatkan vaksinasi influenza," ujar Cissy.

Vaksinasi influenza tak hanya penting bagi anak-anak di bawah 5 tahun yang masuk kelompok rentan. Vaksinasi ini juga bermanfaat bagi orang dewasa, terutama ibu hamil, lanjut usia, orang dengan penyakit kronik, dan tenaga kesehatan.

Lalu apa saja manfaat vaksinasi influenza di masa pandemi? Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga efek samping vaksinasi COVID-19, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MANFAAT VAKSINASI INFLUENZA UNTUK BUMIL DAN ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!