sign up SIGN UP search


moms-life

Jarang Disadari, Ini 3 Manfaat Susu untuk Jaga Sistem Imunitas Tubuh

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 26 Feb 2022 07:00 WIB
ilustrasi susu kambing untuk produk skincare caption
Jakarta -

Melihat dari laman covid19.go.id, masih ada pertambahan kasus positif COVID-19 yang sangat signifikan, Bunda. Meski begitu, angka kesembuhannya juga termasuk tinggi yakni sekitar 42 ribu kasus.

Diketahui, virus Corona varianĀ Omicron adalah varian yang mendominasi dunia. Pasien Omicron biasanya mengalami gejala yang ringan seperti hidung tersumbat dan sakit tenggorokan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghindari paparan Omicron, Bunda. Misalnya saja dengan mengonsumsi vitamin, memakan makanan bergizi, hingga menjaga sistem imunitas tubuh.


Dokter Marya Haryono, MGizi, SpGK, FINEM, Dokter Spesialis Gizi Klinik, mengungkapkan bahwa sistem imun memiliki banyak fungsi utama. Salah satunya yang paling penting adalah untuk mempertahankan tubuh terhadap benda asing dan mikroorganisme patogen seperti bakteri, virus, dan jamur.

"Fungsi utama sistem imun adalah mempertahankan tubuh terhadap benda asing dan mikroorganisme. Mikroorganisme ini yang lagi tren ya virus. Tapi termasuk diantaranya adalah jamur dan bakteri," katanya dalam acara Press Conference Jaga Imunitas Tubuh dengan Susu, Jumat (25/2/2022).

"Lalu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker juga fungsi sistem imun, dan juga meregenerasi sistem jaringan tubuh kita," sambungnya kemudian.

Ada beberapa nutrisi yang mempengaruhi sistem imun di dalam tubuh, Bunda. Termasuk vitamin C, vitamin D, kalsium, fosfor, zinc, selenium, dan vitamin E.

Marya mengungkapkan, baik pria maupun wanita, membutuhkan asupan kalsium setiap harinya nih, Bunda. Kalsium yang dibutuhkan pun setidaknya sekitar 1.000 hingga 1.200 miligram per hari.

Seperti yang Bunda tahu, susu merupakan sumber kalsium terbaik yang bisa didapatkan. Ternyata, susu juga berperan penting dalam menjaga sistem imunitas tubuh, lho.

Banner Kebiasaan di Eropa

Manfaat susu untuk sistem imunitas tubuh

Marya menjelaskan setidaknya ada tiga manfaat yang bisa Bunda dapatkan dariĀ susu untuk menjaga sistem imun, nih. Kalau Bunda penasaran, berikut ini deretannya:

1. Banyak komponen nutrisi

Dalam segelas susu, Bunda sudah bisa mendapatkan banyak komponen nutrisi, nih. Misalnya saja protein, lemak, sumber energi, vitamin, dan sebagainya.

"Susu ini nutrisinya mengandung komponen untuk sumber energi kita, lalu ada protein, lemak, dan karbohidrat, dan ketiganya memang merupakan sumber energi," jelas Marya.

"Protein ini biasanya disebut sebagai komponen untuk membangun sel tubuh. Lalu ada vitamin D, vitamin B, vitamin A, ada mineralnya. Nah kalau kita lihat ini merupakan komponen-komponen nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang sistem imun kita," sambungnya kemudian.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tanda Si Kecil tidak cocok dengan susu formula berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT SUSU UNTUK SISTEM IMUN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!