sign up SIGN UP search


parenting

Dear Bunda, Begini Cara Pilih Menu MPASI 7 Bulan untuk Si Kecil

Inkana Putri Rabu, 06 Jan 2021 15:55 WIB
Close up of a mother feeding her baby in high chair caption
Jakarta -

Memasuki usia 7 bulan, inilah saatnya bagi Bunda untuk mulai memperkenalkan variasi makanan pendamping ASI (MPASI) ke Si Kecil. Bicara soal menu MPASI 7 bulan, sebenarnya makanan apa saja sih Bun yang baik untuk Si Kecil.

Melansir Firstcry Parenting dan NHS, menu MPASI 7 bulan umumnya bisa bermacam-macam mulai dari puree buah, bubur bayi, puree daging, hingga makanan berprotein. Agar lebih jelas, yuk simak penjelasan berikut ini.

Makanan untuk Bayi Usia 7 Bulan

1. Puree buah

Puree buah menjadi salah satu menu MPASI 7 bulan terfavorit. Buah-buahan memang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang baik untuk nutrisi Si Kecil. Untuk membuat puree buah, Bunda bisa menghancurkan atau mencampur buah-buahan yang lembut.


Jangan lupa juga untuk mencuci dan membuang semua biji, kulit, dan bagian yang keras. Untuk puree buah, ada banyak buah yang bisa Bunda gunakan antara lain pisang, apel, pir, pepaya, melon, bluberi, jeruk, mangga, atau stroberi.

2. Puree daging

Selain buah, Bunda bisa mengolah puree daging untuk menu MPASI 7 bulan. Namun, pastikan daging yang dipilih cocok untuk Si Kecil yang berusia 7 bulan. Cobalah untuk memberikan daging merah segar, ikan tanpa tulang, dan ayam yang dihaluskan seperti bubur. Bunda pun bisa mencampurnya dengan nasi atau beras yang telah dimasak seperti bubur.

3. Bubur bayi

Saat sibuk, ada kalanya Bunda mungkin tak sempat untuk memasak MPASI bagi Si Kecil. Di tengah padatnya aktivitas, bubur bayi bisa jadi opsi menu MPASI 7 bulan yang gampang dan cepat. Bunda bisa membuat bubur bayi instan atau membuatnya sendiri dengan menggunakan sereal berbahan dasar beras, gandum, oat dan lainnya.

4. Sayuran

Untuk memenuhi nutrisi Si Kecil, sayuran perlu ada dalam menu MPASI-nya. Di dalam sayuran, terkandung berbagai macam vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh Si Kecil. Berbagai sayuran bergizi dapat diberikan dengan cara dikukus dan dibuat bubur.

Bunda juga bisa memberikan potongan sayuran kukus sebagai finger foods atau camilan buat Si Kecil. Beberapa sayuran yang cocok untuk menu MPASI 7 bulan antara lain brokoli, bayam, wortel, kubis, dan asparagus.

Simak menu MPASI 7 bulan lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga jenis ikan pengganti salmon untuk menu MPASI dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Maia Estianty Sembuh Covid-19



(som/som)
Minuman untuk bayi usia 7 bulan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi