sign up SIGN UP search


parenting

Dear Bunda, Begini Cara Pilih Menu MPASI 7 Bulan untuk Si Kecil

Inkana Putri Rabu, 06 Jan 2021 15:55 WIB
Minuman untuk bayi usia 7 bulan
weaning feed newborn food habit caption

5. Olahan susu

Makanan olahan susu yang dipasteurisasi seperti yoghurt dan keju adalah makanan yang cocok untuk Si Kecil, bahkan sejak usianya menginjak 6 bulan. Namun, pastikan makanan tersebut tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan gula ya, Bunda. Selain yoghurt dan keju, Bunda bisa gunakan susu yang dipasteurisasi sebagai campuran untuk makanan Si Kecil seperti halnya dalam bubur bayi.

6. Karbohidrat

Di usia 7 bulan, Si Kecil tentu juga perlu asupan karbohidrat sebagai energi untuk beraktivitas sehari-hari. Ada banyak karbohidrat yang bisa Bunda gunakan seperti kentang, ubi, nasi, gandum, tepung jagung, atau roti. Bahan tersebut bisa bunda olah hingga lembut sebagai pelengkap MPASI Si Kecil.

Minuman untuk Bayi Usia 7 Bulan

1. ASI & susu tambahan

Di samping enam makanan tersebut, Bunda juga perlu mempertimbangkan minuman saat Si Kecil menginjak usia 7 bulan. Di usianya, Bunda bisa bisa berikan susu tambahan yang bernutrisi atau tetap memberikannya ASI. ASI atau susu tambahan masih merupakan sumber nutrisi utama Si Kecil. Dalam satu hari, mereka setidaknya masih membutuhkan 500-600 ml ASI atau susu tambahan.


2. Air putih

Jika Si Kecil telah terbiasa dengan MPASI miliknya, Bunda bisa berikan ia air putih dalam gelas. Di usia 7 bulan, biarkanlah ia untuk minum tanpa menggunakan dot sehingga Si Kecil bisa belajar untuk menyesap atau menyedot.

Nah, itu dia Bunda menu MPASI 7 bulan untuk Si Kecil. Saat memberikan MPASI, biasanya beberapa anak perlu adaptasi yang lama sehingga kebanyakan dari mereka menolak untuk makan.

Oleh karena itu, Bunda tak perlu khawatir karena kondisi tersebut normal terjadi. Jika Si Kecil menolak untuk makan, Bunda bisa ganti komposisi menu tersebut dengan pilihan lainnya yang disukai Si Kecil. Selamat mencoba ya, Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi