sign up SIGN UP search


parenting

Catat Bun, 7 Makanan Tinggi Kalsium agar Anak Tumbuh Tinggi

Annisa Karnesyia Senin, 22 Feb 2021 17:55 WIB
Cute asian child girl holding glass of milk and make strong gesture on green nature background Ilustrasi Makanan Tinggi Kalsium agar Anak Tumbuh Tinggi/ Foto: iStock
Jakarta -

Kalsium adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak. Nutrisi ini kerap dikaitkan dengan pertumbuhan tinggi badan, Bunda.

Dikatakan dokter anak, Dr. Sameer Awadhiya, kalsium memang berguna untuk membangun otot dan meningkatkan metabolisme. Selain itu, kalsium bisa juga membantu menjaga kepadatan dan massa tulang anak selama masa remaja.

"Mempertahankan tingkat kalsium dalam tubuh selama bertahun-tahun bisa melindungi anak dari deformasi tulang, gangguan ginjal, dan osteoporosis," kata Awadhiya, dilansir Parenting Firstcry.


Pada anak yang usianya lebih kecil, kalsium dibutuhkan untuk pembentukan gigi yang sehat. Nah, kebutuhan kalsium Si Kecil harus dipenuhi dalam makanan yang dikonsumsi.

Kebutuhan kalsium pada anak

- Bayi usia 0-6 bulan: 200 miligram (ml) per hari
- Bayi usia 7-12 bulan: 260 mg per hari
- Anak usia 1-3 tahun: 700 mg per hari
- Anak usia 4-8 tahun: 1.000 mg per hari

Banner tanaman hias

Makanan tinggi kalsium untuk anak

Makanan tinggi kalsium dibutuhkan untuk memenuhi nutrisi tumbuh kembang Si Kecil. Jenis makanan ini mudah ditemukan dan bisa diolah jadi makanan utama atau camilan, Bunda.

Berikut 7 jenis makanan tinggi kalsium agar anak tumbuh tinggi:

1. Produk olahan susu

Produk olahan susu seperti susu sapi, yogurt, dan keju, merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Setidaknya, berikan satu porsi produk susu ke dalam menu makan Si Kecil setiap hari ya.

"Jumlah kalsium yang paling banyak berasal dari makanan olahan susu," kata ahli diet Ellie Krieger, dikutip dari Everyday Health.

Secangkir susu sapi mengandung sekitar 300 mg kalsium, hampir sama dengan secangkir yogurt, 1,5 ons keju alami, dan 2 ons keju olahan. Untuk anak usia 2 tahun ke atas, sebaiknya konsumsi produk susu rendah lemak atau tanpa lemak.

Baca halaman berikutnya untuk tahu jenis makanan tinggi kalsium lainnya ya, Bunda.

Simak juga penjelasan dokter tentang nutrisi anak yang susah makan, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

KEDELAI HINGGA BROKOLI BIKIN ANAK TUMBUH TINGGI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi