sign up SIGN UP search


parenting

5 Fakta Wabah 'Demam Misterius' yang Tewaskan Puluhan Anak-anak India

Annisa A Senin, 06 Sep 2021 20:45 WIB
Fever, Close-up medical thermometer, Parent / Father measuring temperature of his ill kid, Asian 3 - 4 years old toddler boy gets high fever lying on bed with cold compress on forehead to cool a fever caption

Pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Di tengah ancaman munculnya COVID-19 varian Mu, kini muncul wabah 'demam misterius' di India.

Wabah tersebut dilaporkan terjadi di beberapa wilayah India, salah satunya Uttar Pradesh. Dalam sepekan ini, wabah demam itu telah merenggut nyawa puluhan orang.

Belum diketahui dengan pasti apa sebenarnya wabah tersebut. Namun dari puluhan orang yang terinfeksi, wabah ini lebih banyak menyerang anak-anak.


Bunda, berikut ini 5 fakta tentang wabah 'demam misterius' yang tengah melanda India:

Banner Putri Ahok dan PuputBanner Putri Ahok dan Puput/ Foto: Mia Kurnia Sari

1. Menyerang anak-anak

Sejak sepekan terakhir, ada puluhan orang yang dilaporkan terjangkit penyakit misterius ini. Sebagian besar dari mereka adalah anak-anak.

Dari 40 pasien yang mengalami demam misterius, terdapat 32 pasien berusia anak-anak. Jumlah pasien terus mengalami penambahan dengan cepat. Setidaknya sudah terdapat 50 pasien hingga saat ini.

Dilansir BBC, anak-anak di India bagian utara banyak yang terbangun dari tidurnya dalam kondisi demam tinggi. Mereka juga mengeluarkan keringat yang sangat banyak ketika tidur.

Tak hanya itu, para pasien juga mengalami sejumlah gejala selain demam tinggi. Mereka disebutkan mengeluhkan nyeri sendi, sakit kepala, dehidrasi, dan mual. Di beberapa kasus, ditemukan pula ruam yang menyebar pada kulit bagian lengan dan kaki.

Kasus pertama demam misterius ini pertama kali dilaporkan pada 18 Agustus lalu. Sejak saat itu, banyak pasien anak-anak terus berdatangan dengan cepat. Beberapa orang dewasa juga terjangkit penyakit yang belum diketahui jenisnya ini.

Para pasien yang mengalami penyakit misterius itu dilarikan ke rumah sakit satu per satu. Dalam proses pemeriksaan yang dilakukan di rumah sakit, para pasien mengalami penurunan kadar trombosit dengan cepat.

Trombosit merupakan komponen darah yang berperan dalam proses penggumpalan darah. Akibatnya, pasien meninggal dengan cepat.

"Para pasien ini, terutama anak-anak meninggal dengan sangat cepat," kata Dr. Neeta Kulshresta, tenaga kesehatan paling senior di distrik Firozabad.

Menteri Uttar Pradesh Yogi Adityanath memerintahkan untuk memperbanyak kapasitas tempat tidur di rumah sakit. Saat ini, ia juga sudah meminta dinas kesehatan setempat untuk melakukan penyelidikan terhadap wabah demam misterius.

Simak hubungan wabah demam misterius ini dengan COVID-19 di halaman selanjutnya.

Saksikan juga video obat alami untuk turunkan demam pada anak.

[Gambas:Video Haibunda]

HUBUNGAN DENGAN COVID-19
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!