sign up SIGN UP search


trending

5 Juta Dosis Vaksin Sinovac Telah Tiba di RI, Jangan Lupa Daftar Bun

Asri Ediyati Rabu, 08 Sep 2021 17:46 WIB
SEBAIKNYA JANGAN PILIH-PILIH VAKSIN BUN
Doctors wearing PPE uniforms white gloves are inoculating the arm muscles to prevent COVID 19. caption

Walaupun memiliki efek samping yang ringan, perlu diingat bahwa semua merekĀ vaksin sama, tidak perlu pilih-pilih, karena vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia.

Ini sejalan dengan pendapat peneliti vaksin AstraZeneca asal RI yakni mahasiswa doktoral Clinical Medicine di Universitas Oxford, Indra Rudiansyah punya jawaban atas keresahan tersebut. Ia berpesan, vaksin COVID-19 terbaik pada dasarnya adalah vaksin yang tersedia.

Lebih lanjut, Indra mengatakan bahwa vaksinasi adalah cara selain terinfeksi untuk membentuk kekebalan. Memang, infeksi atau penularan adalah cara alami untuk membentuk kekebalan. Akan tetapi, cara ini memiliki risiko kematian yang tinggi.


Untuk menghindari risiko tersebut, satu-satunya cara adalah vaksinasi. "Melalui virus natural kita biarkan saja terinfeksi virus SARS-COV-2, kemudian kita sakit, sembuh kemudian memiliki kekebalan. Atau melalui vaksinasi," ujar Indra dalam bincang media secara virtual.

(aci/fir)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!