sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Kisah Sukses Santika Pemilik Rental Freezer ASI, Omzet Nyaris Rp150 Juta Sebulan

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 27 Oct 2021 14:06 WIB
HAMBATAN SANTIKA SAAT MEMULAI BISNIS
Santika Wiguna, Pemilik AmbuBaba caption

Setiap orang pasti selalu merasakan hambatan, suka, dan duka selama membangun bisnis, Bunda. Hal ini juga dirasakan oleh Santika, lho.

Ia merasa, hambatan terbesarnya dalam membangun bisnis adalah mengatur manajemen internal. Dalam hal ini, ia merasa kesulitan dalam mengelola sistem yang ada di lingkungan sekitarnya.

Manajemen internal yang ia maksud lebih kepada pertukaran karyawan selama bekerja, Bunda. Meski ini adalah hal wajar yang terjadi dalam sebuah bisnis, Santika merasa terganggu.


"Nah, hambatan terbesar buat saya ada di karyawan-karyawannya. Entah itu si pegawainya yang keluar masuk, itu pasti ada. Si A berhenti, Si B masuk, Si C baru masuk lalu Si B berhenti. Itu sebetulnya cukup agak mengganggu," ujarnya.

"Kita mau maju, kita mau jalan bareng-bareng sampai Surabaya. Tapi baru sampai Bandung, ban (mobilnya) copot satu. Harus tambal ban dulu, harus ganti ban dulu. Ini lebih ke kendala dalam pengembangan."

Selain itu, ia juga mengungkapkan hambatan-hambatan dari segi operasional, Bunda. Misalnya saja saat customer tiba-tiba menghilang.

"Misalnya hambatan seperti customer menghilang, susah dihubungi, sudah sewa tapi entah ke mana," jelasnya.

Meski begitu, Santika mengaku kalau dirinya tidak memiliki kendala dan hambatan dari segi mental, Bunda. Hal ini karena dirinya sering menjalankan bisnis sejak kuliah, sehingga mentalnya sudah terbangun.

"Kalau dari diri sendiri sih alhamdulillah tidak ada karena sudah terbiasa dari zaman kuliah. Jadi sudah cukup ditempa kalau untuk urusan mental," katanya.

Santika juga membagikan strategi awalnya ketika baru memulai bisnis nih, Bunda. Simak di halaman selanjutnya, ya!

STRATEGI MARKETING BISNIS RENTAL FREEZER ASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!