sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips Mengurangi Nyeri Pinggang Saat Hamil, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Minggu, 23 May 2021 16:15 WIB
A portrait of pregnant young woman indoors at home, feeling tired. caption
Jakarta -

Nyeri atau sakit pinggang dapat terjadi selama masa kehamilan. Kondisi yang bikin Bunda enggak nyaman ini memang masalah yang umum terjadi selama hamil.

American Pregnancy Association (APA) memperkirakan ada sekitar 50 sampai 70 persen ibu hamil berjuang melawan rasa sakit pinggang atau punggung selama kehamilan.

Mengutip buku berjudul Simple Guide Back Pain, nyeri pinggang selama kehamilan merupakan masalah yang relatif umum. Ini terjadi karena seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, posisi bayi dalam rahim dapat menekan saraf dan menyebabkan nyeri.


Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh perubahan hormon dan perubahan postur tubuh. Meningkatnya hormon kehamilan dapat merangsang peregangan otot-otot area pinggang.

Banner Penyakit Ain

Hormon kehamilan dapat melemahkan dan mengendurkan ligamen serta otot untuk membantu tubuh bersiap-siap melahirkan. Otot atau ligamen yang menjadi lemah dapat menyebabkan nyeri pinggang.

"Hormon yang dilepaskan dalam tubuh dapat melonggarkan sendi dan ligamen di daerah panggul sebagai persiapan melahirkan. Ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman," kata Marianne Ryan, ahli terapi fisik seperti dilansir dari New York Times.

Nyeri pinggang saat trimester akhir mungkin perlu diwaspadai, Bunda. Rasa nyeri bisa menjadi salah satu tanda kontraksi rahim lebih awal dan menandakan kelahiran prematur.

Sementara itu, nyeri pinggang akibat perubahan postur paling sering terjadi. Kehamilan menggeser pusat gravitasi dan tanpa sadar Bunda mungkin mencoba menyesuaikannya dengan mengubah postur. Sayangnya, hal ini justru bisa bikin nyeri di pinggang.

Rasa nyeri pada pinggang selama kehamilan sebenarnya bisa dikurangi agar tak menjadi parah dan mengganggu aktivitas, Bunda. Seperti apa caranya?

Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga tips makan ibu hamil yang obesitas, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGURANGI NYERI PINGGANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi