sign up SIGN UP search


kehamilan

Apa Arti Mimpi Hamil, Apakah Bunda Akan Segera Punya Anak?

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 15 Jul 2022 21:40 WIB
Ilustrasi tidur dan arti mimpi hamil caption

Tentu hal yang wajar jika Bunda yang sedang mendambakan kehadiran sang buah hati, akan mimpi hamil. Hal ini karena biasanya saat seseorang menginginkan sesuatu dan terus menerus memikirkannya, maka keinginannya tersebut juga akan sampai terbawa mimpi. 

Namun jika Bunda mengalami mimpi hamil, apakah hal tersebut memiliki arti tersendiri? Adakah makna dibalik mimpi tersebut selain karena Bunda sedang menunggu kehadiran Si Kecil? 

Mimpi telah lama diperdebatkan dan ditafsirkan untuk makna psikologis yang mendasarinya. Ini juga berlaku untuk mimpi hamil. Bermimpi itu sendiri adalah jenis halusinasi yang terjadi saat tidur rapid eye movement (REM).


Mimpi cenderung terkait dengan pikiran emosional Bunda, ini bisa menjelaskan mengapa Bunda mungkin terbangun dari mimpi yang aneh.

Makna arti mimpi hamil

Dilansir dari Healthline, berikut beberapa makna dari mimpi hamil yang bisa Bunda pelajari dan mungkin dapat memberikan jawaban untuk pertanyaan tak terjawab Bunda selama ini.

1. Si pemimpi sedang hamil

Salah satu teori mimpi hamil adalah bahwa si pemimpi sendiri sedang hamil. Bunda mungkin terbangun dari mimpi jenis ini baik membayangkan hidup Bunda selama kehamilan, atau bahkan dengan perasaan seolah-olah sedang hamil, seperti perut lebih penuh atau mual di pagi hari.

2. Mimpi orang lain sedang hamil

Mungkin saja Bunda bermimpi bahwa orang lain sedang hamil, entah itu pasangan, teman, atau anggota keluarga lainnya. Jenis mimpi ini lebih mungkin terjadi jika Bunda mengetahui kondisi Bunda atau pasangan lain yang mungkin mencoba untuk hamil.

3. Seseorang bercerita bahwa mereka hamil

Ilustrasi hamil tidur atau mimpiApa Arti Mimpi Hamil? Apakah Bunda Akan Segera Punya Anak?/ Foto: Getty Images/iStockphoto/dolgachov

Mungkin saat ada obrolan yang melibatkan teman atau keluarga Bunda yang mengabari bahwa mereka hamil. Interaksi dan pikiran seperti itu yang terjadi selama Bunda terjaga dapat memasuki emosi bawah sadar Bunda dan menyebabkan Bunda mimpi hamil.

4. Mimpi hamil dengan anak kembar

Mimpi hamil lainnya adalah mimpi hamil anak kembar. Memiliki mimpi seperti itu belum berarti akan hamil anak kembar, tetapi Bunda secara tidak sadar sedang mempertimbangkan kemungkinan ini. 

5. Kehamilan yang tidak direncanakan

Ilustrasi hamilApa Arti Mimpi Hamil? Apakah Bunda Akan Segera Punya Anak?/ Foto: Getty Images/Satoshi-K

Bunda juga bisa mimpi hamil yang tidak direncanakan. Biasanya jenis mimpi ini merupakan kecemasan mendasar karena kemungkinan hamil secara tidak sengaja. Namun, sama seperti mimpi terkait kehamilan lainnya, hanya mimpi hamil yang tidak direncanakan belum tentu hal itu akan terjadi.

6. Kecemasan kehamilan

Mimpi yang berhubungan dengan kecemasan bisa jadi karena takut hamil, atau mungkin Bunda sudah hamil dan mengalami beberapa kekhawatiran. Kemungkinan sumber kecemasan ini karena fluktuasi hormon yang lebih menonjol selama kehamilan, tetapi juga dapat terjadi pada wanita tidak hamil yang sedang memiliki kekhawatiran terkait hamil.

Simak fakta menarik lainnya di halaman berikut.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
FAKTA MENARIK LAINNYA MENGENAI MIMPI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!