sign up SIGN UP search

kehamilan

11 Penyebab Jantung Sering Berdebar saat Hamil & Cara Mengatasinya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 21:30 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil caption
Jakarta -

Jantung berdebat sering disebut sebagai salah satu tanda hamil, Bunda. Jantung berdebar atau palpitasi jantung umumnya dirasakan di dada, leher, bahkan di tenggorokan.

Selama hamil, perubahan yang dialami tubuh memang dapat memicu perubahan pada kerja jantung. Sesekali, Bunda akan merasa denyut jantung terasa lebih cepat dari biasanya.

Penyebab jantung berdebar saat hamil

Jantung berdebar saat hamil dapat disebabkan karena banyak penyebab, mulai dari yang normal hingga adanya gangguan serius. Melansir dari berbagai sumber, berikut 11 penyebab jantung berdebar saat hamil:


1. Perubahan hormon

Perubahan hormon selama kehamilan dapat memicu jantung sering berdebar, Bunda. Hormon yang berperan terhadap kerja jantung ini adalah estrogen.

"Perubahan kadar estrogen dapat memicu jantung berdebar. Wanita dapat mengalaminya selama menstruasi atau saat hamil," kata Praktisi Kesehatan Holistik, Debra Rose Wilson, Ph.D, dilansir Healthline.

2. Anemia

Anemia atau kekurangan sel darah merah selama hamil juga bisa menyebabkan jantung berdebar. Jantung yang berdebar saat anemia merupakan tanda tubuh sedang mengkompensasi kekurangan oksigen.

Dikutip dari Very Well Health, tubuh mengedarkan darah lebih cepat untuk menggunakan hemoglobin (Hb) yang tersedia. Hb adalah protein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah, bertugas untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh organ dan jaringan tubuh.

Memiliki kadar oksigen yang sangat rendah bisa membuat jantung bekerja ekstra. Akibatnya, tekanan pada jantung meningkat dan menyebabkannya berdetak lebih cepat.

3. Dehidrasi

Saat mengalami dehidrasi, darah Bunda yang mengandung air akan menjadi lebih kental. Semakin kental darah, semakin keras pula kerja jantung.

Denyut nadi akan meningkat saat kerja jantung juga meningkat. Hal tersebut dapat berpotensi menyebabkan jantung berdebar, Bunda. Jika merasakan jantung berdebar saat hamil dan urine berwarna kuning pekat, segera minum air untuk memenuhi kebutuhan cairan.

4. Stres dan depresi

Jantung berdebar dapat terjadi saat ibu hamil atau bumil sedang stres berat atau merasa cemas. Melansir dari laman Cleveland Clinic, perasaan cemas melibatkan respons 'fight to fight' yang dapat memicu serangkaian peristiwa di tubuh, termasuk pelepasan hormon tertentu.

"Respons 'fight to fight' dapat membuat kerja jantung menjadi lebih cepat, sehingga tubuh mendapatkan lebih banyak aliran darah. Aliran darah yang meningkat dapat menyebabkan ledakan energi. Ini sebabnya banyak orang merasakan jantung berdebar saat mereka takut, gugup, atau cemas," ujar Ahli Elektrofisiologi Jantung, John Bibawy, MD.

5. Minum kafein

Kandungan kafein, terutama yang terdapat di dalam kopi, teh, dan cokelat, dapat membuat jantung berdebar. Kondisi ini tak hanya dialami Bunda yang sedang hal, tapi siapa pun yang mengonsumsi kafein.

Menurut ulasan di Metropolitan Cardiovascular Consultant, LLC, kafein dapat mempengaruhi jantung dengan berbagai cara. Pertama, kafein dapat melepaskan hormon noradrenalin dan norepinefrin yang dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Selain itu, kafein dapat bekerja pada enzim yang merangsang kontraksi jantung, sehingga menyebabkan jantung berkontraksi dengan lebih kuat. Meski begitu, tidak semua orang mengalami jantung berdebar saat minum kafein. Jantung berdebar karena kafein dapat terjadi pada bumil yang sensitif atau memiliki masalah jantung.

Baca halaman berikutnya untuk mengetahui penyebab lain dan cara mencegah jantung berdebar saat hamil ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 penyebab perut kencang dan keras saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB JANTUNG BERDEBAR SAAT HAMIL: MAKAN TERLALU BANYAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!