sign up SIGN UP search

kehamilan

20 Cara Memancing Kontraksi agar Cepat Melahirkan, Bisa dari Gerakan & Makanan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Minggu, 22 Jan 2023 19:40 WIB
kontraksi ibu hamil 20 Cara Memancing Kontraksi agar Bunda Cepat Melahirkan, Bisa dari Gerakan & Makanan/Foto: Getty Images/iStockphoto/Sorajack
Jakarta -

Setiap Bunda hamil pasti menginginkan persalinan yang mudah dan lancar ya. Sebagai salah satu tanda persalinan sudah sangat dekat, Bunda hamil biasanya akan mengalami kontraksi. 

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), saat rahim kontraksi, Bunda mungkin akan merasakan sakit di punggung atau panggul. Rasa sakit ini mirip dengan kram menstruasi.

Lantas gerakan dan makanan apa saja ya yang dapat mempercepat kontraksi? Yuk simak lebih lanjut.


10 Cara memancing kontraksi melalui gerakan

Melansir dari banyak sumber, gerakan berikut dianggap dapat mempercepat kontraksi:

1. Deep squat

Deep squat adalah gerakan yang dapat Bunda lakukan di trimester akhir. Gerakan squat aman dilakukan oleh bumil ya. Gerakan ini juga sering disebut posisi melahirkan yang sebenarnya.

Baca Juga : Kontraksi


2. Duduk sambil bergerak di atas birthing ball

Menurut founder and CEO of Birth Smarter, Ashley Brichter, duduk di atas bola ini dengan posisi kaki melebar dapat meningkatkan aliran darah, membuka panggul, dan mendorong dilatasi serviks.

3. Pelvic floor exercise 

Gerakan ini disebut juga dengan latihan dasar panggul. Gerakan dalam pelvic exercise dalam memperkuat otot dasar panggul, yang penting dalam proses persalinan hingga pasca persalinan.

4. Yoga pose butterfly

"Butterfly exercise untuk ibu hamil merupakan salah satu kunci persalinan sehat bila dilakukan dalam waktu lama," ujar dokter ginekologi Dr. Deepinder Kaur, melansir dari Parenting Firstcry.

5. Berjalan

Berjalan di akhir kehamilan bagus untuk membantu janin masuk panggul. Tekanan kepala bayi terhadap leher rahim dapat melepaskan hormon prostaglandin untuk mempersiapkan tubuh melahirkan. 

6. Stimulasi puting

Stimulasi puting diketahui dapat memicu pengencangan rahim dan mempercepat datangnya kontraksi asli. Ini karena stimulasi pada puting meningkatkan produksi oksitosin, yang juga berperan dalam pengencangan rahim.

7. Berhubungan seks

Para ahli mengatakan bahwa orgasme dapat membantu pelepasan hormon oksitosin, yang dapat 'memancing' kontraksi, Bunda. Proses ejakulasi di dalam vagina juga diketahui membantu karena adanya hormon prostaglandin di dalam sperma yang bisa mematangkan serviks.

8. Akupunktur

Akupunktur tidak hanya efektif untuk mengatasi gejala umum yang muncul selama kehamilan, tetapi juga dapat membantu merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran menjelang bersalin.

9. Pijat

Dilansir What to Expect, beberapa studi menunjukkan bahwa massage atau pijatan dapat meningkatkan level oksitosin, hormon yang berkaitan dengan kontraksi, Bunda. 

10. Beraktivitas fisik 

Tak perlu olahraga berat, cukup dengan jalan cepat atau naik turun tangga, Bunda. Pergerakan dan gravitasi diyakini dapat membantu bayi bergerak lebih mudah menuju jalan lahir. Tekanan yang muncul juga akan membantu serviks melebar.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 ciri kontraksi palsu:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
10 MAKANAN YANG DIANGGAP MEMPERCEPAT KONTRAKSI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!