sign up SIGN UP search


menyusui

Tanda-tanda Bayi Cukup ASI di Awal Bunda Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 18 Jan 2021 17:11 WIB
Breastfeeding baby. Pretty mother holding her newborn child. Mom smile and nursing infant. Beautiful woman and new born love at home. Blond mother breast feeding baby. caption

Jakarta - Sebagai ibu baru, adaptasi terhadap kebiasaan bayi memang berproses ya, Bunda. Tidak saja beradaptasi dengan ritme menyusui tetapi juga bagaimana mengetahui bahwa bayi cukup ASI di awal menyusui.

Proses menyusui memang tidaklah mudah dilalui ya, Bunda. Terutama di masa-masa awal menyusui. Seringkali, banyak Bunda yang kesulitan melewati fase ini. 

Oleh karena itu, sebagian besar ahli pun setuju bahwa upaya untuk mendorong ibu agar menyusui itu penting. "Rumah sakit yang ramah bayi akan meningkatkan pemberian ASI dan ibu lebih mungkin berhasil,"ujar Julie Ware, MD, seorang dokter anak di Ohio, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.


Nah, mengingat proses menyusui tidak mulus begitu saja dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan. Apalagi ketika banyak ibu menyusui menemukan hambatan untuk mengetahui apakah bayi mereka cukup ASI atau tidak.

Sedianya, memang banyak ibu menyusui sering bertanya bagaimana mengetahui si kecil mendapat cukup ASI. Apalagi, payudara bukanlah botol di mana sulit melihat berapa banyak ASI yang sudah diminum bayi.

Ya, hal ini mungkin cukup membingungkan bagi para ibu baru. Namun, sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui bahwa bayi cukup ASI di awal menyusui lho, Bunda. Dalam jangka panjang, kenaikan berat badan merupakan indikasi terbaik apakah bayi Bunda mendapatkan ASI yang cukup.

Sementara cara lain yang dapat memantau apakah bayi cukup ASI di awal menyusui yakni dengan melihat bagaimana cara khas mereka menyusu. Seperti Bunda tahu, bayi umumnya membuka mulut cukup lebar saat mereka mengisap dan ritme lambat serta stabil. Bibir mereka pun terbuka dalam kondisi tersebut.

Pada bukaan maksimal mulut mereka, ada jeda yang dapat Bunda lihat ketika Bunda memperhatikan dagu bayi Bunda. Kemudian, mereka akan menutup mulutnya lagi.

Simak ulasan berikutnya di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga tips mengatasi lecet saat menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Pasangan Kritis Karena Ngeyel Covid-19Foto: Mia Kurnia Sari
Tanda bayi cukup ASI di awal menyusu
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi