sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Menyusu ASI Tapi Berat Badan Tak Naik? Ini 5 Penyebabnya Bun

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Mar 2021 11:51 WIB
PELEKATAN BURUK HINGGA JARANG MENYUSU
Ibu menyusui caption

Penyebab berat badan bayi tak naik meski menyusu ASI

1. Pelekatan yang buruk

Pelekatan yang baik membuat bayi mudah menyusu dari payudara Bunda tanpa merasa lelah atau frustrasi. Jika bayi tidak menyusu dengan benar atau hanya menempel di puting susu Bunda, dia tidak akan mendapatkan ASI yang sesuai dan berat badannya susah naik.

2. Jarang menyusu

Bunda perlu menyusui bayi setidaknya setiap 2 sampai 4 jam sepanjang hari atau malam hari selama enam hingga delapan minggu pertama kehidupannya. Jika si Kecil ingin lebih menyusu, segera letakkan kembali payudara Bunda untuk menyusui.

3. Waktu menyusui terlalu singkat

Bayi baru lahir menyusu selama sekitar 8 hingga 10 menit di setiap sisi payudara Bunda. Seiring bertambahnya usia, mereka mungkin tidak perlu menyusui dalam waktu lama. Namun, selama beberapa minggu pertama, usahakan agar bayi tetap terjaga dan aktif menyusu dengan durasi yang tepat.


4. Sakit atau tidak nyaman

Bayi yang tidak nyaman karena sakit infeksi seperti sariawan di mulut, mungkin tidak akan menyusu dengan baik. Kesulitan menyusu karena alasan ini bisa bikin berat badannya bertambah secara perlahan.

5. Suplai ASI sedikit

Pada awalnya, beberapa ibu menyusui mungkin akan memproduksi ASI dengan lambat. Sementara yang lain bisa mensuplai ASI dalam jumlah rendah karena disebabkan beberapa hal. Bila hal ini terjadi, Bunda enggak perlu khawatir karena banyak cara untuk meningkatkan pasokan ASI ya.

Kondisi kesehatan bayi juga perlu diperhatikan jika berat badannya tidak bertambah meski diberikan ASI. Salah satunya, bayi lahir prematur, bayi kuning, atau memiliki kondisi tongue tie.

(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi