sign up SIGN UP search


menyusui

Dukung MengASIhi, Belgia Sediakan Bangku Khusus Menyusui di Tempat Umum

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 07:10 WIB
Bangku menyusui caption

Jakarta - Untuk mendukung proses menyusui para ibu di Belgia, sebuah perusahaan menyediakan bangku khusus untuk menyusui di tempat umum.

Bangku khusus ini yang diletakkan di Grote Markt, Kortrijk, Flanders Barat, bertujuan untuk mendobrak hal tabu seputar ibu menyusui di depan umum di negara tersebut.


Meskipun menyusui semakin populer di seluruh Belgia, masih ada beberapa orang yang mungkin menganggap bahwa menyusui di depan umum itu adalah hal tabu, seakan memberikan makan anak-anak dengan menyusui di depan umum adalah hal yang tak pantas.

“Seorang ibu yang tengah menyusui, terutama pada tahap awal, mungkin harus menyusui hingga 12 kali sehari dan terkadang lebih,” kata Nele Wouters, juru bicara proyek Oproeien yang dijalankan oleh Kind en Gezin, dikutip dari laman The Brussels Times.

Banner 40 Ciri Hamil40 Ciri Hamil/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

Meski menyusui di tempat umum di Belgia baru-baru ini dilindungi oleh undang-undang, pada kenyataannya tidak semua ibu merasa benar-benar nyaman saat menyusui bayinya di depan umum, seperti rasa tak nyaman karena ditatap orang lain.

“Baik di jalan perbelanjaan, di rumah, di perpustakaan, di kereta api, atau di taman hiburan, jika seorang anak lapar atau payudara ibu terasa penuh, seharusnya normal bagi ibu untuk bisa memberi makan anaknya atau bahkan pumping di depan umum,” kata Wouters.

Tidak ada penilaian atau batasan

Untuk membantu mendobrak hal tabu seputar menyusui dan untuk mendorong wanita menyusui di depan umum, Elvie, sebuah perusahaan yang menciptakan teknologi inovatif khusus wanita dan bersalin, menciptakan bangku menyusui pertama di Belgia, yang akan tetap ada hingga akhir Agustus tahun ini.

“Kami selalu percaya bahwa setiap ibu harus dapat memilih bagaimana dan di mana memberi makan bayi mereka, tanpa penilaian atau batasan. Orang tua juga perlu selalu dapat memiliki kebebasan untuk pergi keluar tanpa khawatir,” kata Tania Boler, pendiri Elvie, dalam siaran persnya.

Bangku menyusuiBangku menyusui/ Foto: Instagram @wemakeyouhappy.be

Bangku yang dibuat oleh desainer yang berbasis di Ghent, Leda Devoldere, dirancang agar wanita tidak perlu sendirian jika mereka tidak mau, dan memiliki tempat di antara dua kursi tempat bayi dapat berbaring dengan aman untuk tidur atau untuk mengganti popok.

Tempat menyusui tersebut sengaja didirikan di Kortrijk karena semakin banyak wanita di Flanders Barat memilih untuk memberi makan anak-anak mereka di tempat umum.

Bagaimana Bunda, unik ya bangkunya? Semoga saja terobosan ini bisa membuat ibu menyusui lain di sana merasa semakin semangat mengASIhi ya.

Simak juga tips menyusui di tempat umum, di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga yuk video tentang 7 tantangan yang sering dialami busui.

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MENYUSUI DI TEMPAT UMUM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!