sign up SIGN UP search

moms-life

5 Kebiasaan Aneh Orang Indonesia Menurut Bule Belgia yang Dinikahi 'Sopir Angkot'

Annisa Afani Jumat, 10 Sep 2021 06:10 WIB
Liz dan El caption
Jakarta -

Ketika sebuah pasangan beda negara memutuskan untuk menikah, maka keduanya harus siap-siap beradaptasi masing-masing budaya. Baik yang bagus ataupun aneh, pasangan beda negara pun mau tidak mau harus menerima. Seperti El dan Liz, pasangan Indonesia-Belgia ini, Bunda.

El dan Liz sekarang hidup bahagia setelah menikah. Mereka kini menetap di Belgia dan dikaruniai dua anak bernama Lars Jordan dan Leina Greece.

Liz bisa dibilang cukup beruntung, karena jauh sebelum menikah, ia juga sudah lama tinggal di Indonesia dan tinggal untuk mengikuti kegiatan sukarelawan di sebuah organisasi. Jadi, ketika menikah dengan orang Indonesia, ia pun sudah terbiasa.


Ternyata, sejak pertama kali datang ke Indonesia, Liz sempat merasa culture shock. Ada beberapa kebiasaan orang Indonesia yang menurut Liz itu aneh, Bunda.

"Waktu saya pertama kali datang ke Indonesia, saya melihat kebiasaan orang Indonesia yang berbeda dan aneh untuk saya," kata Liz, dikutip dari kanal YouTube Tuan Tanah Belgia.

Banner Bule Perancis Nangis Biaya Karantina di Jakarta

Berikut ini 5 kebiasaan orang Indonesia yang aneh menurut Liz, perempuan asal Belgia tersebut:

1. Orang Indonesia jarang on time

Tepat waktu merupakan karakter yang sudah mendarah daging bagi orang Belgia. Mereka selalu hidup tepat waktu dan sesuai jadwal. Hal itu membuat Liz sedikit kaget dengan kebiasaan orang Indonesia yang sangat berbeda.

"Orang Indonesia sering sekali datang terlambat. Dulu pertama kali di Indonesia saya ada janji sama orang, saya tunggu sampai 3 jam. Mereka pikir itu biasa ya? Saya on time sekali. Saya tunggu sampai orangnya datang," ujar Liz.

Liz bercerita, perbedaan karakter itu juga terdapat di rumah tangga mereka. Saat pertama kali berkenalan dengan El, bule Belgia itu sempat kesal karena pria idamannya itu datang terlambat ketika kencan.

"Saat saya kencan dengan suami dulu, itu saya duduk menunggu lama. Saya pesan minuman dulu, makan es krim dulu. Dia bilang otw padahal lama-lama akhirnya saya tahu kalau dia baru bangun," ucapnya.

Tidak hanya di Jakarta, Liz juga menemukan karakter orang Indonesia sering terlambat di hampir seluruh daerah. Ia sering lebih dulu menunggu orang-orang ketika membuat janji.

Hingga saat ini, Liz masih tidak bisa terbiasa dengan kebiasaan orang Indonesia yang satu ini. Sebab, ia terbiasa hidup tepat waktu di Belgia. Sebaliknya, suami Liz sempat merasa culture shock ketika datang ke Belgia.

"Dulu mau survei ke Belgia untuk menikah, janjian sama mertua, saya terlambat dan ditinggal. Saya benar-benar belajar apa itu arti on time di Belgia," kata El.

Selain jarang on time, Liz juga menemukan kebiasaan orang Indonesia yang tidak kalah aneh. Simak di halaman berikutnya, Bunda.

Simak juga video tentang cerita bule Rusia menetap di Indonesia bersama suami:

[Gambas:Video Haibunda]



BULE BELGIA HERAN DENGAN KEBIASAAN ORANG INDONESIA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!