sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Cara Atasi Kembung Saat Hamil, Hindari Makanan dengan Pemanis Buatan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Jumat, 17 Jun 2022 18:40 WIB
pregnant asian female use tissue paper close mouth and nose, she cough and feeling fever, pregnancy and people concept - sick pregnant woman blowing nose with paper tissue at home caption

Jakarta - Tahukah Bunda bahwa perut kembung bisa saja menjadi tanda awal kehamilan. Di mana, kondisi ini disebabkan hormon progesteron yang menyebabkan jaringan otot polos di tubuh Bunda, termasuk saluran pencernaan menjadi rileks.

Oleh karenanya, proses pencernaan Bunda sedikit melambat. Dalam masa kehamilan, pencernaan yang lebih lambat ini, menyebabkan Bunda merasa kembung dan kram pada perut. Terlebih lagi, rahim Bunda yang membesar meningkatkan tekanan pada rektum yang dapat merusak kontrol otot. Serta menyebabkan perut terasa kencang dan penuh, Bunda.  

Keluhan perut kembung bisa dirasakan kapan pun selama hamil. Namun, sebagian ibu hamil mungkin akan lebih sering merasa kembung mulai usia kehamilan memasuki 29 minggu. 


Lantas apa saja ya penyebab lain dari kembungnya perut Bunda selama hamil? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 

Banner Cara Membuat Infused WaterCara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

Efek samping meningkatnya progesteron

Melansir dari Momlovesbest, progesteron adalah hormon yang diperlukan di semua tahap kehamilan Bunda. Levelnya akan terus meningkat selama 40 minggu. 

Pada awal kehamilan, progesteron membantu meningkatkan aliran darah ke rahim. Selanjutnya merangsang kelenjar di rahim untuk menebal dan memberikan nutrisi kepada bayi yang sedang tumbuh.

Ini juga membantu tubuh Bunda mengembangkan plasenta. Plasenta juga akan mulai membuat progesteron dengan sendirinya. Ini lebih lanjut membantu bayi tumbuh, memperkuat otot panggul dan mencegah rahim Bunda berkontraksi sampai saatnya melahirkan.

Namun, selain dampak yang menguntungkan bagi Bunda selama kehamilan, progesteron juga memiliki beberapa efek samping yang kurang diinginkan. Ini termasuk nyeri payudara, kelelahan, dan terutama kembung, Bunda.

Selain hal di atas,  adanya gas berlebih yang masuk ke dalam pencernaan Bunda juga bisa menyebabkan perut kembung ya. Gas tersebut muncul di dalam tubuh ketika bakteri di dalam usus besar mengolah sisa makanan yang belum selesai dicerna oleh sistem pencernaan ya.

Kembung pada ibu hamil dipicu pencernaan yang melambat, Bunda bisa mengatasi kembung melalui asupan makanan. Bukan makanan utama, melainkan cemilan sehat dalam porsi kecil-kecil tetapi sering ya. 

Seperti apa saran untuk mengatasi perut kembung ibu hamil melalui camilan, simak di halaman selanjutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga apakah kembung tanda hamil, klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS MENGATASI KEMBUNG SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!